Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Written By Dee Geek on Selasa, 25 Februari 2014 | 06.58

Cara Menambah Kapasitas RAM Android - Tutorial ini merupakan recycle dari "Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android" yang dari waktu ke waktu mengalami perubahan isi seiring bertambahnya tutorial optimasi kinerja Android di blog ini.

Pertama-tama perlu saya tekankan bahwa pada dasarnya menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada. Itu sangat mustahil (kecuali untuk smartphone yang lagi booming belakangan ini yang katanya bisa upgrade spec hardware itu). Jadi jika RAM internal Android anda misal sebatas 512MB, tidak bisa anda minta dinaikkan ke 2GB.

Menambah RAM di Android prinsipnya membuat virtual memory (Swap RAM / Linux Swap / ZRAM / compcache) yang berguna untuk ram bayangan yang mampu membantu kinerja RAM internal, langkah-langkahnya sudah ada di tutorial di bawah.

Untuk virtual memory Android sendiri, tidak perlu kita buat terlalu banyak karena ini hanyalah RAM bayangan dan bukan menambah kapasitas RAM inti. Hanya beberapa puluh MB saja yang kita perlukan untuk virtual memory. Maksimal 128MB sudah cukup. Jika anda membuatnya menjadi 1GB, untuk apa? Lagi pula untuk membuat virtual memory seperti swap RAM yang dipakai adalah kapasitas memori eksternal.
Cara Menambah Kapasitas RAM Android

Berikut ini langkah sederhana cara menambah kapasitas RAM Android yang terbilang cukup ampuh. Bagi anda yang mempunyai handheld dengan spesifikasi yang kurang, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Install Swapper

Langkah pertama kita mulai dari hal yang paling sederhana. Install Swapper untuk menambah virtual memory yang berguna untuk menambah RAM Android.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted. Selain itu, pastikan kernel Android anda juga sudah support swap RAM (ZRAM)
  • Download Swapper melalui link dibawah kemudian install
  • Buka Swapper, centang active swap on boot, pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  • Isi value dengan kapasitas swap RAM yang anda kehendaki
  • Reboot perangkat Android anda


Install SD-Booster

Kedua, install SD-Booster. Fungsi SD-Booster menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca/menulis data (R/W). Sama halnya dengan overclock namun ini bukanlah prosesor melainkan SD Card.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted
  • Download SD-Booster melalui link dibawah kemudian install
  • Buka SD-Booster, isi cache size antara 1 hingga 8192. *Disarankan menggunakan 1024 atau 2048


Pasang Juwe RAM Script

Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM, sama dengan aplikasi RAM Manager PRO (karena Juwe RAM Script merupakan kelanjutan dari RAM Manager PRO buatan Juwe). Meski ukurannya relatif kecil namun fungsi Juwe RAM Script ampuh sekali.

  • Pastikan Android anda sudah dalam keadaan rooted
  • Pastikan kernel Android anda sudah support init.d. Jika belum, baca Cara Mengaktifkan init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel. *Peringatan! Folder init.d tidak bisa dibuat hanya dengan membuat folder yang diberi nama init.d secara manual. Folder init.d terhubung dengan library. Jika anda asal membuat folder init.d, itu tidak akan berfungsi
  • Download Juwe RAM Script melalui link dibawah, save di sdcard anda
  • Ekstrak file tersebut, pindahkan ke direktori init.d yang berada di folder /system/etc
  • Rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x
  • Reboot perangkat Android anda

UPDATE : Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk menambahkan file Juwe RAM Script kedalam folder init.d, anda bisa memakai aplikasi RAM Manager PRO. RAM Manager PRO memiliki performa yang sama dengan Juwe RAM Script seperti yang saya katakan diatas, RAM Manager PRO juga memiliki interface dan opsi yang lengkap.


Download link :


Langkah-langkah diatas tidak harus anda lakukan semuanya. Yang paling penting dalam tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM Android ini yaitu penambahan virtual memori / ZRAM saja (Swapper).

Selain cara-cara diatas, cara menambah RAM dan mempercepat performa kinerja Android lain yang bisa anda coba diantaranya sebagai berikut :
Ini merupakan artikel menambah performa Android yang pertama kali saya terbitkan. Didalamnya terdapat beberapa step yang semuanya tidak membutuhkan skill khusus dalam hal oprek Android karena semua step nya hanya menggunakan aplikasi pihak ketiga saja.
Pada seri kedua ini step nya sudah sedikit advanced yang tentunya beresiko besar bila smartphone Android anda tidak cocok dengan cara ini. Bagian kedua ini menggunakan update flash zip yang namanya Ultimate Tweaks. Isinya beberapa tweak Init.D dan build.prop
Bagian ketiga sama seperti di bagian pertama. Hanya saja bagian ketiga lebih saya tekankan pada pengaturan RAM Android.
Seri keempat, membahas tentang tips dan kiat-kiat meringankan kinerja Android dengan sedikit pembenahan terhadap system dan settings. Seperti menghapus aplikasi system yang tidak berguna, gunakan widget secukupnya, jangan menggunakan task killer scheduler, dan lain-lain.
Seri terakhir (dan insya Allah akan berlanjut) membahas soal ODEX dan DEODEX. Dengan kemampuan dan kelemahan yang dimiliki keduanya, keduanya sama-sama mempunyai kehebatan dalam meringankan performa Android.
Seeder merupakan aplikasi yang direkomendasikan di forum XDA Developer. Kegunaan aplikasi ini lebih mengarah ke 'Lag Reduction' (penghambat Lag). Saking spesialnya, aplikasi ini perlu saya buatkan artikel khusus dan tidak mencampurnya dengan aplikasi-aplikasi lain.
Pimp My Rom yang disebut-sebut sebagai aplikasi All-In-One terbaik dikategorinya merupakan sebuah tool yang  sangat lengkap untuk anda yang suka dengan cara-cara yang serba instant. Dengan Pimp My Rom anda bisa dengan mudah mengaplikasikan beberapa tweak langsung kedalam system hanya dengan menggunakan satu kali klik. baca lebih lanjut bila anda merasa penasaran.
Rakun Optimizer, sebuah aplikasi lokal yang isinya ialah hasil modifikasi dari script SuperCharger untuk management RAM. Aplikasi ini berguna untuk anda yang memiliki smartphone super lamban.
Bila anda tahu apa itu Juwe RAM Script, tentunya anda tahu apa itu Init.D. Dengan Init.D kita bisa menginject banyak tweak yang fungsinya bermacam-macam salah satunya untuk meningkatkan kecepatan Android. Init.D cara kerjanya yaitu me-load tweak yang berada didalamnya pada saat smartphone Android reboot. Beberapa aplikasi seperti Link2SD untuk memindah aplikasi Android ke SD Card juga memakai Init.D ini
Ceritanya pada waktu itu saya sedang menjelajah masuk ke forum-forum yang berada di XDA. Kemudian saya kumpulkan beberapa buah tangan yang manis yang sudah saya filter salah satunya Pure Graphic HD. Dengan size nya yang tidak lebih dari 300KB, flashable zip ini mampu menambah score AnTuTu X10 Mini saya hingga 300 dibagian graphic. Lumayan kan?
Ini bukan tutorial swap yang merubah eksternal menjadi internal itu lo ya? Melainkan swap yang berfungsi sebagai virtual memory (RAM virtual). Dengan virtual memory, berarti Android anda masih memiliki sedikit cadangan RAM untuk nantinya digunakan bila Android anda sedang berada di space RAM yang kritis.
ZRam masih ada kaitannya dengan swap. Hanya saja ZRam ini mengambil dari kapasitas RAM nya langsung, tidak seperti swap atau swap file yang mengambil space untuk dijadikan virtual memory dari SD Card.
Overclock atau menaikkan clock CPU Android mampu mendobrak kinerja Android yang lemot dan sering nge-Lag. Prinsipnya bila pada titik maksimal smartphone anda hanya mentok pada 600MHz saja, sekarang kita naikkan menjadi 710MHz atau yang semacamnya.
Sebetulnya ini sama seperti tutorial nomor satu. Hanya beda tool nya saja. Resep yang satu ini juga wajib anda coba.

Demikian Tutorial Cara Menambah Kapasitas RAM Android yang sekiranya bermanfaat bagi anda penggemar smartphone Android.
Blog, Updated at: 06.58

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog